<h1 data-end="253" data-start="198"><strong data-end="251" data-start="200">Kode Etik dan Kode Perilaku Pelaksana Pelayanan</strong></h1> <p data-end="318" data-start="254"><strong data-end="316" data-start="254">Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung</strong></p> <p data-end="613" data-start="320">Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, transparan, dan berintegritas, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung menetapkan <strong data-end="531" data-start="480">Kode Etik dan Kode Perilaku Pelaksana Pelayanan</strong> sebagai pedoman bagi seluruh aparatur dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.</p> <h2 data-end="655" data-start="615"><strong data-end="653" data-start="618">Nilai-Nilai Pelaksana Pelayanan</strong></h2> <ol data-end="824" data-start="656"> <li data-end="689" data-start="656"> <p data-end="689" data-start="659">Adil dan tidak diskriminatif</p> </li> <li data-end="721" data-start="690"> <p data-end="721" data-start="693">Cepat, tanggap, dan cermat</p> </li> <li data-end="738" data-start="722"> <p data-end="738" data-start="725">Profesional</p> </li> <li data-end="761" data-start="739"> <p data-end="761" data-start="742">Bertanggung jawab</p> </li> <li data-end="780" data-start="762"> <p data-end="780" data-start="765">Berintegritas</p> </li> <li data-end="802" data-start="781"> <p data-end="802" data-start="784">Santun dan ramah</p> </li> <li data-end="824" data-start="803"> <p data-end="824" data-start="806">Berjiwa melayani</p> </li> </ol> <h2 data-end="864" data-start="826"><strong data-end="862" data-start="829">Kewajiban Pelaksana Pelayanan</strong></h2> <ul data-end="1415" data-start="865"> <li data-end="916" data-start="865"> <p data-end="916" data-start="867">Melayani dengan baik setiap permohonan layanan.</p> </li> <li data-end="1058" data-start="917"> <p data-end="1058" data-start="919">Menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan dalam memeriksa kelengkapan dokumen/rujukan/rekomendasi yang dipersyaratkan.</p> </li> <li data-end="1171" data-start="1059"> <p data-end="1171" data-start="1061">Memberitahukan dengan santun dan profesional apabila terdapat kekurangan dalam pengajuan permohonan layanan.</p> </li> <li data-end="1284" data-start="1172"> <p data-end="1284" data-start="1174">Menyelesaikan pelayanan sesuai tenggat waktu yang ditentukan dalam <strong data-end="1269" data-start="1241">Standar Pelayanan Publik</strong> dan <strong data-end="1281" data-start="1274">SOP</strong>.</p> </li> <li data-end="1415" data-start="1285"> <p data-end="1415" data-start="1287">Menyimpan rahasia negara dan/atau rahasia jabatan sesuai ketentuan yang berlaku, baik selama maupun setelah menjalankan tugas.</p> </li> </ul> <h2 data-end="1449" data-start="1417"><strong data-end="1447" data-start="1420">Hak Pelaksana Pelayanan</strong></h2> <p data-end="1544" data-start="1450">Pelaksana pelayanan publik berhak memperoleh hak sesuai peraturan perundang-undangan, yaitu:</p> <ul data-end="1725" data-start="1545"> <li data-end="1616" data-start="1545"> <p data-end="1616" data-start="1547">Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), hak yang melekat pada jabatannya.</p> </li> <li data-end="1725" data-start="1617"> <p data-end="1725" data-start="1619">Bagi tenaga honorer, hak yang diatur dalam kontrak kerja antara yang bersangkutan dengan instansi induk.</p> </li> </ul> <h2 data-end="1764" data-start="1727"><strong data-end="1762" data-start="1730">Larangan Pelaksana Pelayanan</strong></h2> <p data-end="1806" data-start="1765">Pelaksana pelayanan <strong data-end="1797" data-start="1785">dilarang</strong> untuk:</p> <ol data-end="2265" data-start="1807"> <li data-end="1872" data-start="1807"> <p data-end="1872" data-start="1810">Meminta sesuatu dari pemohon di luar ketentuan yang berlaku.</p> </li> <li data-end="1982" data-start="1873"> <p data-end="1982" data-start="1876">Menerima sesuatu dari pemohon dengan maksud mempermudah pengurusan atau menutupi kekurangan persyaratan.</p> </li> <li data-end="2076" data-start="1983"> <p data-end="2076" data-start="1986">Meminta atau menerima sesuatu untuk memberikan toleransi terhadap pelanggaran ketentuan.</p> </li> <li data-end="2119" data-start="2077"> <p data-end="2119" data-start="2080">Menjanjikan kemudahan dengan imbalan.</p> </li> <li data-end="2209" data-start="2120"> <p data-end="2209" data-start="2123">Memperlambat atau mempersulit pelayanan dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi.</p> </li> <li data-end="2265" data-start="2210"> <p data-end="2265" data-start="2213">Bersikap diskriminatif dalam memberikan pelayanan.</p> </li> </ol> <h2 data-end="2298" data-start="2267"><strong data-end="2296" data-start="2270">Penghargaan dan Sanksi</strong></h2> <ul data-end="2714" data-start="2299"> <li data-end="2470" data-start="2299"> <p data-end="2470" data-start="2301"><strong data-end="2316" data-start="2301">Penghargaan</strong> diberikan kepada petugas pelayanan yang menunjukkan kontribusi dalam peningkatan kualitas layanan, sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Bupati Badung.</p> </li> <li data-end="2714" data-start="2471"> <p data-end="2714" data-start="2473"><strong data-end="2483" data-start="2473">Sanksi</strong> diberikan kepada petugas yang melanggar kode etik, SOP, dan ketentuan lain dalam pemberian layanan publik. Sanksi diberikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi ASN maupun ketentuan yang mengikat tenaga honorer.</p> </li> </ul>
Kode Etik & Kode Perilaku
21 Sep 2025